/
/
Baik untuk Kesehatan, Ini 4 Manfaat Sayur Asem yang Mungkin Belum Kamu Ketahui
TIPS

Baik untuk Kesehatan, Ini 4 Manfaat Sayur Asem yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Manfaat Sayur Asem

808 News – Sayur asem merupakan salah satu masakan favorit untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Yang menjadikan sayur asem sebagai favorit banyak kalangan adalah karena rasanya yang segar dan bahan-bahannya yang bernutrisi.

Umumnya, sayur asem terdiri dariasam jawa, kacang tanah, kol atau kubis, kacang panjang, labu siam, nangka muda, melinjo, jagung manis, cabai, serta bawang merah dan putih. Masing-masing dari bahan-bahan tersebut memiliki manfaatnya tersendiri untuk keshatan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 4 manfaat sayur asem untuk Kesehatan.

Manfaat Sayur Asem

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada masakan Indonesia, bawang putih banyak digunakan karena membuat makanan terasa lebih sedap dan beraroma. Nah,bawang putih juga termasuk salah satu bahan pembuatan sayur asem, Adjarian. Ternyata selain rasanya yang sedap, bawang putih juga memiliki manfaat bagi kita.

Bawang putih dapat meningkatkan fungsi dari sistem imun manusia. Menurut penelitian, bawang putih juga dapat mengurangi gejala pilek dan tidak enak badan.

2. Mengontrol Gula Darah dan Menurunkan Berat Badan

Kandungan asam jawa pada sayur asem memiliki fungsi lain selain yang disebutkan sebelumnya, Adjarian. Biji asam jawa dipercaya mampu membantu menurunkan kadar gula darah. Ekstrak kulit asam jawa dapat membantu menurunkan berat badan dan bantu pemulihan penyakitfatty liver.

Bahan yang ada didalam sayur asem yaitu kacang panjang, juga memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah. Karena kacang panjang kaya akan kandungan serat dan protein. Kandungan serat tersebut yang dipercaya dapat melancarkan proses pencernaan. Oleh sebab itu, sayur asem bisa dimasukkan kedalam menu diet andalan kamu.

Manfaat Sayur Asem

3. Mengurangi Gejala Alergi

Selain bawang putih, bawang merah juga merupakan salah satu bahan pembuatan sayur asem. Tidak kalah berkhasiat dengan bawang putih, bawang merah dapat mengurangi gejala alergi. Kandungan yang ada pada bawang merah yaituquercetin yang merupakanflavonoiddari tumbuhan, dapat mengurangi gejala alergi.

Kandungan tersebut dapat mengurangi gejala yang timbul pada mata dan hidung yang berhubungan dengan alergi musiman. Kandungan quercetintersebut merupakan antihistamin alami, sehingga mampu mengurangi reaksi peradangan dan pernapasan, seperti pada asma, bronkitis, dan alergi musiman.

4. Melindungi dari Penyakit Kronis

Saat membuat sayur asam, bahan utama yang kita perlukan adalah asam jawa atau tamarin, Adjarian. Ternyata asam jawa memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Asam jawa sering digunakan dalam pengobatan tradisional dalam bentuk minuman.

Umumnya, digunakan untuk menangani diare, konstipasi, deman, dan tukak lambung. Namun tidak hanya itu, asam jawa juga dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit kronis seperti jantung, kanker dan diabetes. Hal tersebut dikarenakan kandungan polifenolnya yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Reddit
Email

rifqi-rihza-rahman

Penulis lepas yang pas-pasan

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.